“Loh, Mbak Bil, kok ngontel? Haha...”
Itu tadi pertanyaan tetangga saya, kelas 11, pas papasan sama
saya yang pulang sekolah. Saya cuma jawab, “Iya hehe.”
Walaupun sebenernya dalam hati saya protes,
“What’s wrong with ngontel?”
Dari percakapan kecil tadi saya makin nyadar dan rasanya
tertampar kalo ngontel, ato dalam Bahasa Indonesia itu
bersepeda, sekarang ini dipandang sebelah mata.
Di kota kecil saya, Bojonegoro, populasi ngontel sedikit
banget kalo dibandingin sama yang naik motor. Tiap pagi, mulai dari siswa SMA
rata-rata udah naik motor semua. Yang ngontel palingan tinggal anak SD sama
SMP. Lainnya juga dianter naik motor. Apalagi kalo pas malem-malem, wih, nemu
orang ngontel di jalan besar itu bisa diitung pake jari deh.
Semakin majunya industri di tanah air, semakin banyak pula
kendaraan bermotor. Kalo di kota-kota besar pada puyeng masalah macet, kalo di kota
kecil kaya Bojonegoro… well, gaada yang masalahin banyaknya motor di jalan sih.
Cuma, pikiran saya tergelitik aja, kenapa di kota kecil kaya Bojonegoro dari
hari ke hari motor makin banyak dan sepeda pancal makin terlupakan.
Iyalah, ngontel kan panas!
Ngontel tuh capek! Keringetan! Lamaa! Dan… Gak gawl juga.
Bukannya saya muna ato apa, saya juga suka kok naik motor. Naik
motor kan cepet, praktis, dan gaya. Iya, saya juga ngerasa gitu.
Tapi gatau kenapa, saya sering merasa bersalah sama sepeda
pancal saya di rumah kalo pas nggak saya pake.
Saya ngontel ke sekolah sejak SD kelas 3. Lanjuuuut, sampe kelas 11. Sekarang ini saya kelas
12, dan ngontel cuma pas pulang pagi ato gaada les. Yaps, gara-gara les, saya
jadi makin sering naik motor ke sekolah dan nganggurin sepeda saya. Dan nyaris
seluruh anak di sekolah saya, naik motor ke sekolah. Tiap kelas paling cuma 3-5
anak yang ngontel. Dan saya sedih sama kenyataan ini.
Bukannya saya sok care ato alay lebay masalah
ngontel-mengontel. Tapi kan, ngontel emang banyak manfaatnyaaaah…
Ngontel itu sehat. Klise? Emang! Tapi faktanya emang bikin
sehat. Dengan ngontel, seenggaknya kita membuat badan kita, yang sehari-hari cuma
duduk di ruangan, bergerak berolahraga. Buat kita yang nggak pernah sempet ato
emang males olahraga, dengan ngontel, bisa olahraga dikit-dikit lah.
Ngontel itu hemat. Jelas hemat, nggak perlu keluar duit buat
bensin. Nggak perlu keluar lagi buat oli. Kalo ban-nya sama-sama kempes,
murahan sepeda ontel kan nambalnya *apadeh*
Ngontel itu lebih aman. Tau kenapa? Dengan ngontel, kita
gabisa kebut-kebutan kaya kalo lagi naik motor. Ini sebenernya ocehan buat diri
sendiri. Gatau kenapa, suka banget ngebut. Memacu adrenalin. Berasa keren
jugak-__- sama ada pemikiran gini, motor kan bisa dipake cepet, nah kenapa mesti
pelan-pelan? Kayaknya ini yang memicu tingginya angka kecelakaan dari hari ke
hari. Sengebut-ngebutnya ngontel, kalo ntar tabrakan sama ontel jugak, palingan
lecet sama berdarah gitu. Nah kalo ngebut naik motor terus nabrak? Wassalam.
Ngontel itu lebih menghargai waktu. Ini menurut saya. Tiap saya
mau keluar naik motor, pasti bakal lebih lelet siap-siapnya soalnya ntar kalo
telat tinggal ngebut. Tapi kalo keluarnya ngontel, pasti bakal siap-siap lebih
awal biar bisa nyantai ngontelnya.
Ngontel itu peduli. Peduli lingkungan, peduli alam, peduli
orang lain. Dengan ngontel, kita nggak ikutan nyumbang pencemaran udara. Kalo ngontel,
kita bakal ngurangin konsumsi BBM. Pas ngontel, kita bisa sambil merhatiin
lingkungan sekitar, yang bikin kita lebih peduli sama sekitar. Coba kalo naik
motor, pasti konsentrasi nyetir kan?
Ngontel itu… Apalagi ya?
Yang jelas menurut saya ngontel itu lebih baik dibanding
naik motor. Jujur aja, saya belakangan ini lebih sering naik motor emang. Jadi,
semoga saya bisa ngurangin naik motor dan lebih sering ngontel;)
“Karena yang baik menurut kita, belum tentu baik menurut
Yang Kuasa”
semangat unasnya mba bill;) nice blog :D
ReplyDeletemakasih deeek:D
Delete