Friday 14 March 2014

Mari Bersepeda!

“Loh, Mbak Bil, kok ngontel? Haha...”

Itu tadi pertanyaan tetangga saya, kelas 11, pas papasan sama saya yang pulang sekolah. Saya cuma jawab, “Iya hehe.”
Walaupun sebenernya dalam hati saya protes,

“What’s wrong with ngontel?”

Dari percakapan kecil tadi saya makin nyadar dan rasanya tertampar kalo ngontel, ato dalam Bahasa Indonesia itu bersepeda, sekarang ini dipandang sebelah mata.
Di kota kecil saya, Bojonegoro, populasi ngontel sedikit banget kalo dibandingin sama yang naik motor. Tiap pagi, mulai dari siswa SMA rata-rata udah naik motor semua. Yang ngontel palingan tinggal anak SD sama SMP. Lainnya juga dianter naik motor. Apalagi kalo pas malem-malem, wih, nemu orang ngontel di jalan besar itu bisa diitung pake jari deh.
Semakin majunya industri di tanah air, semakin banyak pula kendaraan bermotor. Kalo di kota-kota besar pada puyeng masalah macet, kalo di kota kecil kaya Bojonegoro… well, gaada yang masalahin banyaknya motor di jalan sih. Cuma, pikiran saya tergelitik aja, kenapa di kota kecil kaya Bojonegoro dari hari ke hari motor makin banyak dan sepeda pancal makin terlupakan.

Iyalah, ngontel kan panas!
Ngontel tuh capek! Keringetan! Lamaa! Dan… Gak gawl juga.
Bukannya saya muna ato apa, saya juga suka kok naik motor. Naik motor kan cepet, praktis, dan gaya. Iya, saya juga ngerasa gitu.

Tapi gatau kenapa, saya sering merasa bersalah sama sepeda pancal saya di rumah kalo pas nggak saya pake.


Saya ngontel ke sekolah sejak SD kelas 3. Lanjuuuut, sampe kelas 11. Sekarang ini saya kelas 12, dan ngontel cuma pas pulang pagi ato gaada les. Yaps, gara-gara les, saya jadi makin sering naik motor ke sekolah dan nganggurin sepeda saya. Dan nyaris seluruh anak di sekolah saya, naik motor ke sekolah. Tiap kelas paling cuma 3-5 anak yang ngontel. Dan saya sedih sama kenyataan ini.
Bukannya saya sok care ato alay lebay masalah ngontel-mengontel. Tapi kan, ngontel emang banyak manfaatnyaaaah…

Ngontel itu sehat. Klise? Emang! Tapi faktanya emang bikin sehat. Dengan ngontel, seenggaknya kita membuat badan kita, yang sehari-hari cuma duduk di ruangan, bergerak berolahraga. Buat kita yang nggak pernah sempet ato emang males olahraga, dengan ngontel, bisa olahraga dikit-dikit lah.

Ngontel itu hemat. Jelas hemat, nggak perlu keluar duit buat bensin. Nggak perlu keluar lagi buat oli. Kalo ban-nya sama-sama kempes, murahan sepeda ontel kan nambalnya *apadeh*

Ngontel itu lebih aman. Tau kenapa? Dengan ngontel, kita gabisa kebut-kebutan kaya kalo lagi naik motor. Ini sebenernya ocehan buat diri sendiri. Gatau kenapa, suka banget ngebut. Memacu adrenalin. Berasa keren jugak-__- sama ada pemikiran gini, motor kan bisa dipake cepet, nah kenapa mesti pelan-pelan? Kayaknya ini yang memicu tingginya angka kecelakaan dari hari ke hari. Sengebut-ngebutnya ngontel, kalo ntar tabrakan sama ontel jugak, palingan lecet sama berdarah gitu. Nah kalo ngebut naik motor terus nabrak? Wassalam.

Ngontel itu lebih menghargai waktu. Ini menurut saya. Tiap saya mau keluar naik motor, pasti bakal lebih lelet siap-siapnya soalnya ntar kalo telat tinggal ngebut. Tapi kalo keluarnya ngontel, pasti bakal siap-siap lebih awal biar bisa nyantai ngontelnya.

Ngontel itu peduli. Peduli lingkungan, peduli alam, peduli orang lain. Dengan ngontel, kita nggak ikutan nyumbang pencemaran udara. Kalo ngontel, kita bakal ngurangin konsumsi BBM. Pas ngontel, kita bisa sambil merhatiin lingkungan sekitar, yang bikin kita lebih peduli sama sekitar. Coba kalo naik motor, pasti konsentrasi nyetir kan?

Ngontel itu… Apalagi ya?
Yang jelas menurut saya ngontel itu lebih baik dibanding naik motor. Jujur aja, saya belakangan ini lebih sering naik motor emang. Jadi, semoga saya bisa ngurangin naik motor dan lebih sering ngontel;)


“Karena yang baik menurut kita, belum tentu baik menurut Yang Kuasa”

2 comments: